28.4.14

Road to Scholarship

Saya yakin, hampir semua manusia dengan kelas ekonomi menengah (dan kebawahnya), akan bermimpi menjadi satu dari sekian banyak manusia lainnya untuk mendapatkan kesempatan dibayari sekolahnya alias beasiswa..
Saya, definitely, satu dari manusia tersebut tanpa harus diukur2 dengan regresi statistika..
Bahkan, saya pernah menisbatkan diri untuk sekolah gratis sepanjang higher education saia... ;)
Semoga yaa... aamiin! 

Namun, motivasi dan doa saja tidak tjukups saudara2. Perlu dipahami bahwa teorema kurva normal, sudah seharusnya sangat mengajarkan kita, semakin lama, kompetisi atas memperebutkan segala sesuatu terutama higher quality of higher education semakin tinggi, karena letaknya yang ada di sebelah kanan kurva yaitu semakin kecil alokasinya..

So, apa yang harus disiapkan sebelum apply beasiswa? Tipsnya gimana sih?

1. Mau apply apa?
malu-maluin banget kalo generasi y, masih nanya beasiswa ada apa aja sih? ato kok bisa tau ada informasi beasiswa sih? -____-" God.. udah dibilang teorema kurva normal, masih bandel dweh... ada google sayang.. caritau dengan jarimu.. jangan maenan social media ajah.. 
tapi kan ya karena saia baik hati ala ala, jd di postingan Higher Education Fair is Here saia kasitau dweh bahwa ada beberapa jenis yang bisa kalian-kalian sekalian pertimbangkan.. ;)
sub bahasan di atas, sebenernya lebih kepada, apply shortcourse ato master ato doctorate degree? bidang interestnya mau apa? ada beberapa orang tertentu bahkan ga tau apa yang sebenernya diinginkan...
kek gue misalnya, gue cuma pengen ke luar negeri secara gratis.. :D that simple..
karena bagian gue ga segitu banyaknya kesempatan dinas ke luar negeri seperti kementerian atau dirjen lain, gue gantungkan harapan gue ke beasiswa yang gue akan cari sendiri.. chasing the opportunity..
dengan tujuan tersebut, maka embrace yourself dengan semua informasi yang sekarang availability-nya ruarbiasa di internet...

2. Kemampuan Bahasa Inggris
Yang namanya chasing opportunity ga hanya ngejer, lari tanpa amunisi.. sama aja bunuh diri guys ato bahkan kalah sebelum bertarung.. gain the victory with preparation..
One obvious thing adalah kalian kudu bisa memperlihatkan bahwa kalian memiliki kemampuan bahasa inggris berstandar internasional dan yang mengatakannya adalah institusi yang memiliki wewenang, bukan enyak lo, babe lo ato best friends loo.... :D
Ada dua sertifikat yang lazim di Indonesia : TOEFL (yang terkenalnya ngalah2in sinetron Indonesia *lebay* ato IELTS masih menapaki karirnya of being famous) ntar ada penjelasan khusus di IELTS ato TOEFL tentang dua hewan ini yaa...

3. Menyiapkan amunisi sebelum mengisi formulir
kalo udah paham mau ambil apa, punya sertifikat bahasa inggris berstandar tadi, yang bisa kemudian dilakukan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen penting sebelum bener-bener ngisi formulir..
Lebih lanjut, di sini ajaya saudara-saudara.. (important) documents

4. Isi formulirs!!
cieeeee udah gaya niye.. mau ngisi formulir..
proud of you.. ;)
Lesson learned yaaa... pertama kali nyoba apply beasiswa adalah via jalur mandiri (yakni tidak melalui jalur kementerian.. jadi ga ada tu yang namanya formulir pake dikoreksiin). Kalo kalian pake jalur ini artinya be careful guys dalam membaca cerita gue ini... pentings..! apalagi kalo prosesnya via online.. review lagi aplikasinya.. liat tahun yang diisi ke aplikasi, data yang kalian entry, dan every single thing yang ternyata sangat berpengaruh untuk mengizinkan kalian menuju tahapan selanjutnya.. :)
sebelum submit, jangan lupa didoakeun formulirnya biar selamat sentosa.. ehehe

5. Berdoa
Iya berdoa, semoga masuk shortlist ;)
berdoa dan minta didoakan.. terutama sama ibu.. dukun terampuh sedunia.. :*

6. Siap-siap diinterview
Setelah menunggu hasil selama beberapa waktu, maka ucapkan syukur guys, kalo masuk ke daftar yang mau diwawancara.. :) wawancara bukan berarti dapat beasiswa.. banyak juga lo, yang didroplist di stage ini.. jadi siapkan performance prima kalian, dari appearance, psikologis, gaya ngomong sama otak ;)
Bukan hanya seberapa spesial kamuh, tapi seberapa kamu berbeda dibanding dengan kandidat lainnya... ntar ada pembahasan khusus mengenai Goes to Interview yaaaaah ;) nantikan :*


udah, itu aja?
udah... ga perlu paling pinter kok, buat dapet beasiswa...
IP mah asal memenuhi IP minimalnya 2,75 buat master degree, 3,00 buat doctorate degree..
mudah kaan..
pengalaman kerja? we can always elaborate well guys.. no worries..




Never stop dreaming when you got nothing on the process, 
Because at the end, dreams come true for people who keep trying until the very last minute.. 

No comments: