28.4.14

IELTS ato TOEFL

Kalo mau cari beasiswa, belum punya sertifikat international english, hentikan usahamu!
Lanjutkan setelah kau mendapatkannya.. ;)
Ini seriusan dweh.. :D Pilih mana? TOEFL apa IELTS? Ini tergantung kebutuhan, preferensi, dsb. Ada yang percaya bahwa IELTS lebih susah dari TOEFL, ada juga yang mengganggap sebaliknya..


TOEFL
Ini sudah sangat terkenal karena biasanya pelajaran bahasa inggris di sekolah-sekolah atau tempat les, menggunakan basis ini. Ada yang paper-based (kisaran nilai 310-670) dan ada juga yang internet-based (kisaran nilai s.d. 120). Internet-based ini yang ada speaking sama writing juga, tapi ditemenin sama komputer... ehehe. Kalo yang paper-based ya cuma reading sama listening doank.. Kalo mau les-nya dimana-mana ada, dari mulai LIA, ILP, EF, dan lain-lain. Lebih mudah mencari tempat les TOEFL dibanding dengan IELTS sebenernya. Bahkan untuk paper-based ada banyak yang menyediakan institutional certificate (berlaku dan diakui untuk institusi) sampe prediction test-nya (ini bangsa-bangsa tryoutnya gitu looo).. Untuk institutional, bisa ke LIA, ILP, bahkan kayak Universitas Indonesia gitu (dan universitas lainnya pun ngadain) ranging dari 250-350ribuan harganya..
Setidaknya coba yang prediction ato institutional dulu boleh deh.. :)

Pengalaman ikut prediction, nilainya beda-beda mulu.. :D karena memang ga pernah latian serius yaa..
Nilai tertinggi cuma mentok di 545, itu juga di LIA yang sempet juga ikut plus writingnya..


IELTS
Karena sejak awal, ngefans sama yang namanya Eropa dan nilai TOEFL ga ada yang bisa kepegang, jadilah yaaa mencaritau yang namanya IELTS ini. Saya kenalan sama IELTS ini tahun 2011, udah lama yaaa.. :D wehehehehew.
IELTS ini terdiri dari listening, reading, writing dan speaking test. Waktu itu saya beli bukunya, IELTS cambridge 1 dan 8.. :) Dua buku, 800ribuan, mahal yaaa.. Saya ga mampu secara waktu dan uang sih, buat kursus yang menurut saya lebih mahal itu.. sistemnya kek workshop gitu 20jam doank brooo..
Karena deadline Erasmus Mundus yang mengharuskan saya buat ambil tes, maksimal bulan Desember, di tengah-tengah kesibukan saya akhirnya saya paksain buat ambil mock-test. Ini setelah mencari tau tempat prediction buat IELTS yang ternyata ga ada dimana-mana kecuali kamu daftar workshopnya.. -___-" berbekal info dari mas Edo yang baik hati, saya numpang mock test di tempat dia workshop, Interlingua (Apartemen Belleza, Permata Hijau). Kalo ga salah, biaya-nya 150ribu. Lumayanlah ya, daripada workshopnya.. Nilai saya oke banget looo.. Apalagi writingnya yang dibilang band 8 ;) Itu yang membuat saya terlena.. (yang ternyata setelah diusut2 kemudian, yang ngoreksi orang Indonesia bok..! Yaudahlah yaaa..).
Sehingga tes 8 December, saya terima hasil overall 6.5 (dengan each band tidak di bawah 6.0). Alhamdulillah masih bisa daftar Erasmus Mundus sama Chevening, tp mentok banget nilai minimum.
Ini jangan pernah ditiru yaaa,, jadi saya lupa ngecek jadwal, kalo ga gara2 mas Edo lagi, mungkin saya ga jadi daftar dweh.. Untungnya IDP (di Pondok Indah), tanggal 6 Desember masih buka pendaftaran.. Itu H-2 test looo.. ehehe. Kalo kayak IALF dan TBI, udah tutup.. :D Waktu itu, biayanya $195 yang kalo dikonversi ke Rupiah jadinya 1,9jutaan.. Sekarang keknya hampir 2,5jutaan.

Pengalaman kedua saya, ketemu IELTS pas proses seleksi AAS. Sempet belajar reading dan listeningnya. Writing sama Speaking, ga samasekali.. Alhamdulillah, overall score naik 7.0 tapi writing dan speakingnya 5.5, sedih yaaa.. Itu yang buat saya dapet 8weeks pas predeparture trainingnya.
Tapi gapapa, jadi lamaan dikit keluar kantor.. ;p

Pengalaman ketiga saya, yang juga termasuk proses AAS (sehingga gratis lagi), ini udah belajar delapan minggu lo yaaa.. Jadi, saya ngarepnya sih naek setengah lagi, overall-nya.. :D maludonks maluudonks... Alhamdulillah, tes 12 april 2014 kemarin (yang tempatnya sama dengan tes sebelumnya yaitu IALF kuningan), overall saya 7.5.. Dengan listening dan reading masing-masing 8.5 yang artinya salah dua atau tiga doank.. Karena nilai maksimalnya 9.0, ehehehe
Ini saya lampirkan, takut dibilang hoax.. ;)


Yang masih butuh belajar ya writing dan speaking yang masih 6.0 dan 6.5, mungkin pembiasaan dan jam terbang akan membuat dua nilai ini lebih baik lagi, nanti.. Saya sih ngarepnya lulus master degree dan langsung ambil IELTS lagi, nilainya bisa 8.0, aamiin!
Buat saya pribadi sih, enakan IELTS daripada TOEFL. IELTS listeningnya lebih gampang, mainannya vocab dan synonymnya, asal ngerti enak kok, dan boleh langsung dicoratcoret saat ndengerin.. Kalo TOEFL kan kudu dengerin sampe abis dan pertanyaannya ga jauh-jauh dari what does the man or the woman imply? xixixiy, saya sih ga kuku :D Selain itu, TOEFL kan tenses dan grammar banget yaaa..


Itu sih sharing saya.
Dan yang jelas, kalo saya keknya harus belajar karena ga sepinter temen-temen lain yang dengan bobo2an udah bisa ngerjain...
Dan saya ga malu dengan usaha saya itu :) Gapapa, ga dibilang cerdas juga..
Itu udah saya, apa adanya..

Terlepas dari apapun, Let's have one!

2 comments:

Muhammad said...

ada kontaknya ga mbak ellen? kebetulan saya sedang mau tes ielts tapi masih bingung bagaimana dengan pelatihannya, ada beberapa yg mau saya tanyakan. thanks for attention :D

Wahyu Setyorini said...

Mbak Buku nya apa namany?